skip to Main Content
+62-818-093-577-62 | Paket Wisata +62-812-244-135-95 | Sewa Transportasi Webmail
WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN
WISATA GUNUNG API PURBA MERUPAKAN SALHATU GUNUNG YANG AKTIF BERIBU RIBU TAHUN YANG LALU

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Yogyakarta di kenal sebagai Kota Pelajar juga dikenal sebagai surganya bagi sahabat traveler, kenapa ? karena di Yogyakrta lengkap berbagai tempat wisata nya mulai dari berbagai macam candi hingga Pantai salahsatunya yakni ekowisata yaitu Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran .

 

Wisata Gunung api Purba nglanggeran atau masrakat setempat sering menyebutkan gunung nglanggeran ternyanya memiliki sejarah berbau mistis. Menurut masayarakat setempat , kata nglanggeran berasal dari kata nglanggar atau melanggar . Pada zaman Dahulu masyarakat setempat mengadakan acara wayang dengan mengundang seorang Dalang. Namun ada warga yang melanggar peraturan yang di buat oleh sang Dalang dengan cara merusak wayang . akhirnya  dalang marah dan mengutuk warga tersebut menjadi sosok wayang dan di buang ke bukit batu , karena itu hingga kini pengunjung bisa melihat batu yang menyerupai bentu wayang. selain itu di puncak Gunung api purba nglanggeran terdapat juga gunung 5 jari yang bisa dilihat dngan jelas dari puncak Gede.

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran bisa membutuhkan waktu pendakian sekitar 1 jam hingga 1,5 jam pendakian jika ingin sampai ke puncak. Jika anda sudah mencapai ke puncak anda akan menyaksikan Panorama alam sangat indah dari ketinggian. Bahkan Jika suasana mendukung , Sunrise maupun sunse akan anda dapatkan. Tidak hanya itu Wisata Gunung Api Purba menyuguhkan spot menawan yang bisa di jadikan lokasi pemotretan. Dijamin hasil nya takan kalah dengan foto-foto Di puncak gunung-gunung tinggi.

Meki bernama Gunung, Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran berbeda serti gunung  lainnya. tempat ini lebih menyerupai Bukit Batu raksasa dan di tumbuhi aneka pepohonan di sekitarnya, Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 700 MPDl . Gunung Api Purba merupakan Gunung aktif puluhan juta yang lalu, sekitar 60 – 70 juta stahun silam dan sekarang gunung ini dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Gunung api Purba ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa membentang sekitar 800 meter dan setinggi 300 meter ini mulai banyak menarik perhatian para wisatawan. Kini Gunung Nglanggeran berkembang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Yogyakarta.

Wisata Gunung Api Purba nglanggeran memiliki rute pendakian yang sangat menarik . Tak heran jika Wisata Gunung api purba nglanggeran di jadikan tempat syuting film Sudirman yang di bintangi oleh Adipati Dolken. Ada trek lebih menantang yaitu keberadaan lorong sumpitan . Rute ini berupa anak tangga dari kayu yang di apit oleh tebing batu lumayan agak tinggi tingggi , ukuran nya hanya bisa dilewati oleh satu orang menjadikan kita harus berhati-hati saat melewatinya. di satu titik juga ada lorong batu yang sangat sempit dan batu yang menggantung dan kamu harus membungkuk jika anda melewatinya.

satu fakta menarik sekaligus unik dari Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran adalah adanya Dusun Tlogo Marrdhido di Puncak Timur. Kampung tersebut menarik karena selama turun menurun hanya di tinggali oleh 7 kepala keulargadan jika jumlaha kepala keluarga lebih dari 7 maka akan ada hal yang sangat tidak menyenangkan . Kehidupan  7  Kepala keluarga tersebut hidup dengan cara Tradisional makan seadanya dengan mengandalkan dari alam. Selain ditinggali oleh 7 kepala keluarga , di puncak bukit tersebut jiga terdapat kompleks pemakaman.

Aktivitas yang bisa anda laukan di tempat Wisata Gunung Api purba Nglanggeran yaitu Treking atau berjalan kaki untuk mencapai puncak Nglanggeran merupakan aktivitas Utama di tawarkan di tempat ini. Meski bertajuk Gunung trek yang berada di Gunung Api purba nglanggeran cukup beragam dan menantang seperti layaknya gunung-gunung tinggi. Bagi yang menyukai camping tidak usah bingung karena di Gunung Api purba Nglanggeran terdapat beberpa titik. Camping Ground  paling luas terletak di bawah puncak utama atau Puncak Gede. Jika anda ingin menikmati indahnya kota jogja anda bisa mendirikan tenda di dekat Gazebo yang terletak di bawah . Aktivitas yang bisa dib lakukan di Gunung Api Purba adalah menikamati sunrise dan sunset , Bagi para pemburu sunrise di Gunung api purba spot terbaik adalah dari puncak timur. Selain Dari Puncak Timur anda juga bisa menyaksikan dari puncak Gede atau Puncak utama . Jika anda tidak sempat menemukan sunrise anda bisa melihat pemandangan Embung nglanggeran yang berselimut kabut dari ketinggian . Kamu juga bisa melihat Gunung Merapi serta keindahan kota Yogyakarta yang berubah menjadi Lautan Cahaya. selain itu anda bisa bermain Flaying Fox tetapi anda harus menghubungi petugas terlebih dahulu. Dari deretan tebing-tebing batu di Gunung Nglanggeran dengan Grade yang sangat beagam menjadi tempat yang asik untuk di jadikan lokasi pemanjatan .  Kamu yang ingin menjajal kemampuan bisa memanjat 28 jalur pemajatan yang sudah ada. Namun berhubung aktivitas ini belum cukup populer, kamu wajib membawa perlengkapan sendiri jika ingin melakukan panjat tebing di Nglanggeran.

Gunung api Purba NGlanggeran ini ternyata mempunyai beberapa macam gunung lagi di dalamnya yang mempunyai nilai sejarah dan historis yang tinggi.

– Gunung Kelir : Gunung ini berbentuk menyerupai kelir dan diyakini merupakan tempat tinggal dari Ongko Wijoyo dan Punakawan.

Sumber Air Comberan : Merupakan mata air yang tidak pernah surut walaupun musim kemarau. Ditempat itu terdapat tempat pemujaan dan pertapaan yang digunakan oleh orang –orang terdahulu.

– Gunung Gedhe : Gunung ini merupakan gunung terbesar di antara pegunungan lainnya di pegunungan Nglanggeran. Para pendaki banyak menggunakan tempat ini sebagai tampat mengadakan aktifitas dan berkemah. Panorama akan sangat indah berada di tempat ini karena merupakan gunung tertinggi dan strategis yang berada di tenggah gunung Nglanggeran.

– Gunung Bongos : Gunung ini berwarna hitam seperti arang tempat meletakkan blencong.

– Gunung Blencong : Gunung ini menyerupai blencong yang dipakai untuk lampu atau penerangan kyai Ongko Wijiyo saat bersama Punokawan.

– Gunung Buchu : Gunung ini berbentuk lancip yang konon berasal dari puncak gunung merapi yang dipindah oleh punokawan. Gunung tersebut dibawa ke desa Kemadang Gunungkidul dipikul memakai kayu jarak, dan berhubung ditempat itu ada sumber air sebesar dandang maka gunung tersebut ditanam di tempat yang namanya sedandang. Gunung yang berbentuk lancip ini sering digunakan para pecinta alam dan pemanjat tebing. Sampai saat ini tercatat baru 3 team yang mampu menancapkan bendera di puncak gunung Buchu.

– Tlogo Wungu : Konon yang dapat melihat keberadaan tlogo ini adalah orang yang benar-benar bersih dan melakukan prihatin akan mengetahui yang terletak di sebelah timur gunung Nglanggeran. Konon tlogo tersebut merupakan pemandian bidadari, jika berhasil melihat tlogo tersebut akan mendapat canthing emas dan tlundak emas.

– Tlogo Mardhido : Tlogo tersebut konon diyakini sebagai tempat pemandian kuda sembrani tunggangan bidadari. Konon di situ terdapat bekas tapak kuda Sembrani yang membekas di batu.

– Talang Kencono : Konon sebagai talang air dari tlogo Mardhito hingga ke Jimatan Kotagedhe Yogyakarta.

– Pamean Gadhung : Menurut mitos pohon gadhung ini ujungnya sampai puncak gunung merapi. Kawasan ini sekarang ini banyak dihuni oleh monyet, kelelawar dan ular.

Lokasi Wisata Gunung api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran , Kecamatan Pathuk , Kabupaten Gunungkidul ,Daerah Istimewa Yogyakarta . Akses untuk sampai kesana diharapkan memakai kendaran sendri karena belum ada Jalur angkutan Umum. Inilah jalur jika anda dari  Wonosari : Bunderan Sambipitu – Dusun Bobung – Desa Nglanggeran. Dari Yogyakarta : Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran. Untuk Harga tiket masuk Wisata Gunung api Purb Nlanggeran yaitu Rp 15.000 Untuk siang hari dan jika anda berkunjung pada malam hari dikenakan tiket seharga Rp 20.000 . MUrah bukan ? dengan harga itu anda akan menikmati keindahan Alam dari atas Puncak Gunung Api nglanggeran .

Untuk fasilitas yang terdapat di Wisata Gunung Api Nglanggeran sudah sangat lengkap , diantaranya :

– Posko Kesehatan

– Pusat Informasi

– Pusat Kuliner

– Balai Pertemuan

– Fasilitas MCK / Kamar Mandi

– Home stay

– Tempat Ibadah

– Camping Ground

Tips berwisata ke gunung Api Purba Nglanggeran :

  • Gunakan Pakaian dan alas kaki yang sangat nyaman supaya kita bisa bergerak leluasa ketika kita mendaki. Jika anda berkunjung Pada sing hari alangkah baiknya menggunakan sepatu dan memakai kaos karena perjalanan akan terasa sangat panas . Jika anda berkunjung pada malam hari alangkah baiknya anda membawa jaket , karena jika anda hampir sampai ke puncak anda akan meras sangat dingin .
  • Pastikan anda membawa air minum serta Snack makanan karena tidak ada yang berjualan di puncak.
  • Paling tepat jika anda berkunjung pada pagi hari alangkah baik nya pagi hari ketika matahari mulai terbit atau ketika matahari mulai terbenam pada sore hari. JIka anda berkunjung pada malam hari tidak usah khawatir karena di beberapa titik sudah ada Lampu penerangan . Tetapi sebaiknya anda juga membawa Senter sebagai alat penerangan pribadi.
  • Jadilah wisatawan yang mematuhi peraturan yang ada di Gunung api purba nglanggeran. Ikuti trek yan benar, jangan membuang sampah sembarangan , dirikanlah tenda di Camping Ground, Jaga ucapan dan tingkah laku anda , jangan merusak alam . Jika anda membuat api unggun saat Camping di pastikan api benar-benar padam sebelum meninggalkan lokasi .
Back To Top