skip to Main Content
+62-818-093-577-62 | Paket Wisata +62-812-244-135-95 | Sewa Transportasi Webmail
WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA
WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA

WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA

WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA

Yogyakarta, dengan julukan kota pelajar yang memiliki arti penting bagi NKRi . Satu kota dengan berjuta warna , apalagi jika kita melihat dari sisi Budaya dan tempat wisata Yogyakarta menjadi rekomendasi liburan bagi wisatwan lokal maupun wisatawan asing. Salahsatu nya adalah Wisata Tebing Breksi Yogyakarta.

 

WISATA TEBING BREKSI

Tempat Wisata Tebing Breksi memang lebih banyak di sukai bagi penikmat Wisata khususnya yang bersifat petualang seperti panjat tebing dan sepeda gunung. Selain itu Tebing Breksi sangat cocok bagi para penggemar selfie dengan mengabadikan momen di setiap waktunya. Sering juga para calon pengantin untuk foto pre wedding di tempat ini . Jika anda pernah melihat Brown Canyon di Semarang atau berbentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat . Mungkin Dinas Pariwisata Yogyakarta dengan semangat yang sama maka di buka lah tempat wisata ini . Dari puncak tebing , kita dapat melihat keindahan kota Yogyakarta , Kemegahan Gunung Merapi yang Jelas terlihat dan kita akan melihat seperti Candi Prambanan , Lanskap Candi Sojiwan dan Candi Barong. Bagi anda yang ingin memcapai ke puncak Tebing Breksi tidak perlu khawatir , karena sudah di bentuk anak tangga disisi tebing untuk menuju ke atas . Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di anak tangga , Tinggi tebing sekitar 30 meter.

The images on this page do not have alt attributes containing the focus keyword.

 

Bersamaan dengan Tebing Breksi, diresmikan punya Tlatar Seneng, sebentuk area luas yang dilengkapi tempat duduk melingkar dilengkapi panggung bulat berdiameter kira-kira 15 meter. Tlatar Seneng berada satu kawasan dengan Tebing Breksi dan difungsikan untuk tempat pertunjukan kesenian disana. Sekilas panggung ini mengingatkan kita pada Colosseum di Roma Italia.
Tempat Wisata Tebing Breksi Yogyakarta di resmikan oleh Gubernur D.I.Yogyakarta yaitu Hamengku Buwono X pada tanggal 30 Mei 2015 . Tempat Wisata ini mengedepankan tebing sebagai obyek nya , tebing yang tampak bagai mahakarya seni raksasa. latar belakang tentang Wisata Tebing Breksi bukan terbentuk karena sendirinya , Berasal dari bukit batu biasanya yang menjelema akibat terkikis oleh penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar selama bertahun-tahun yaitu sejak tahun 80-n dan menjadi sumber mata pencaharian warga.

 

 

Setelah adanya penelitian di tempat wisata Tebing breksi Yogyakarta ditemukan bahwa batuan kapur Breksi yang ada di tempat itu adalah endapan abu vulkanik dari gunung Api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Di karenakan hal tersebut maka kawasan Tebing Breksi merupakan cagar budaya yang harus di lestarian. Kehadiran batuapung ini membuktikan dengan sangat meyakinkan bahwa perlapisan ini merupakan hasil letusan gunungapi yang eksplosif. Batuan semacam ini banyak dijumpai mulai dari perbukitan di daerah Parangtritis sampai di daerah Wonogiri dan dengan ketebalan antara 300-600 m. Singkapan terbaik terdapat di Desa Semilir, di Kecamatan Pathuk, DIY, sehingga formasi batuan ini disebut Formasi Semilir.

Sempat ada larangan dari pemerintah untuk untuk menambang tetapi tidak memutus warga berhenti menambang , melainkan mereka mendapat ide untuk menjadikan kawasan ini sebagai salahsatu obyek wisata setelah melihat keindahan guratan bekas galian yang sudah ada.Perpaduan warga putih berkilau semburat kuning dan coklat dalam bidang tebing yang begitu luas, memberikan panoramic yang menarik. Nama breksi sendiri datang dari warga , yang mengikuti tren dimana bukit batu yang di ajdikan tempat wisata seperti di Bali dan di Bandung. karena itulah tebing ini di namakan Tebing breksi.

Lokasi tempat wisata Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah istimewa Yogyakarta .Dari Prambanan menuju ke wisata tebing berjarak sekitar 7 km. Letaknya sebelum Candi Ijo. Jika dari arah Jogja, ada jalur yang lebih cepat. Sampai di pertigaan Piyungan, anda bisa berbelok ke kanan. Lurus saja sampai menyeberang ruas jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti papan penunjuk arah ke Candi Ijo. Di sebelah kiri jalan, nanti aka nada spanduk bertuliskan wisata Tebing Breksi.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah cukup lengkap seperti , toilet, tempat ibadah atau mushola tempat sampah dan pastinya tempat parkir yang sangat luas dan nyaman . Selain itu sudah tersedia Foodcourt dan banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar Tempat Wisata Tebing breksi Yogyakarta. Untuk tiket masuk Ke wisata ini masih gratis alias tidak ada tarif khusus, seikhlasnya nya jika anda mau memberi nya. Hanya parkir kendaraan yang di kenai tarif untuk kendaraan bermotor Rp 2.000 , Mobil mini Bus Rp 5.000 dan Bus Rp 20.000. Selain Untuk foto prewedding Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat sunrise da sunset maka pengelola membuka jam operasional mulai pukul 05.00 – 18.00 .

Tips dan saran jika anda ingin berkunjung ketempat Wisata satu ini disarankan anda memakai alas kaki yang senyaman mungkin, aman dan tidak licin untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkann dan terutama pakaian yang nyaman. Banyak yang bilang lokasi ini sangat cantik pada saat petang dengan dinyalakannya lampu sorot yang di arahkan ke tebing, yang akan mnghasilkan panorama yang sangat indah dan megah.

Bila anda merasa kesulitan mendapatkan Paket Wisata,Transportasi atau rental kendaraan untuk menuju lokasi wisata Pantai Indrayanti dari Kota Bandung, Jakarta, atau dari Kawasan Kota Jogja anda dapat mengubungi Hotline kami dan kami dapat mengantarkan ke lokasi .

Office :

Jl. Bunisari kav 08 Antapani Bandung 40291 – Jawa Barat

Tlp : (022) 7236971

Cs : 081224413595

Email : Info@pakarholiday.com

Back To Top
Search