skip to Main Content
+62-818-093-577-62 | Paket Wisata +62-812-244-135-95 | Sewa Transportasi Webmail
Wisata Puncak Becici Bantul
wisata puncak becici bantul menjadi tempat wisata yang sedang hits bagi kalangan anak muda zaman now, tempat asyik dan viral menikmati sunset di jogja.

Wisata Puncak Becici Bantul

Yogyakarta memang menjadi Kota tujuan Wisata lokal maupun asing, Karena keindahan Wisata yang ada di Yogyakarta sangat menarik salahsatunya Wisata Puncak Becici Bantul . Wisata Puncak becici merupakan tempat wisata baru di Yogyakarta yang menyuguhkan keindahan alam dan Pemandangan Kota Yogyakarta yang sangat mempesona.

Wisata Puncak Becici Bantul mempunyai nama lain yaitu Hutan sudimoro 1 atau Becici Asri berada dalam Kawasan RPH ( Resort Pengelolaan Hutan ) Mangunan , Wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta atau secara administratif berada di Dusun Cilik , Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalan menuju Wisata Puncak Becici Bantul sekitar 10 menit dari tempat parkir. Yaitu dengan menyusuri jalan setapak yang berada di tengah hutan pinus . Pemandangan hutan pinus dikawasan Puncak Becici cukup menarik dan memiliki kemiripan dengan Hutan Pinus Mangunan. Pohon Pinus yang sangat tingggi dan di tanam dengan jarak yang cukup rapi. Saat memasuki pinggir bukit dan jalanan mulai menanjak, itulah tandanya tidak lama lagi akan tiba di kawasan wisata Puncak Becici Yogyakarta. Di sepanjang jalan menajak terdapat beberapa Gazebo untuk beristirahat . Sebelum sampai di puncak kita akan melihat makam petilasan dari Putra pendiri Desa Muntuk.

Area Puncak Becici di bagi dua bagian yang areanya cukup berdekatan, area pertama merupakan area paling tinggi yang tidak terhalang oleh pepohonan. Dari are pertama kita bisa melihat Pemandangan Luas ke arah Barat adalah area persawahan, kota yogyakarta dari ketinggian, dan panorama matahari terbenam atau sunset. Pemandangan bila menghadap ke sebelah utara adalah Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dari kejauhan bila cuaca sedang cerah dan langit cukup bersih.

Area Puncak Becici kedua letaknya lebih rendah daripada area pertama. Area kedua ini menghadap ke arah barat dan ke arah selatan. Suasana area kedua ini terasa cukup teduh karena banyak terdapat pepohonan pinus yang tumbuh cukup tinggi. Tiga buah pohon pinus yang letaknya paling tepi atau pinggir bukit dibuat gardu pohon mirip seperti gardu pohon yang berada di Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo. Hal yang lebih menarik lagi pengunjung bebas naik ke atas gardu pohon tersebut tanpa harus membayar seperti di Wisata Alam Kalibiru. Dengan jumlah gardu pohon sebanyak tiga buah, pengunjung Puncak Becici tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengantri menaiki gardu pohon tersebut. Namun pengunjung diharapkan untuk berhati-hati ketika menaiki rumah pohon karena ketiadaan penjagaan dari pengelola.

Pemandangan dari atas gardu pohon Wisata Puncak Becici Bantul hampir sama dengan pemandangan dari atas gardu pohon Wisata Alam Kalibiru. Sebuah pemandangan alam dari ketinggian atas atas bukit yang tidak terhalang oleh apapun. Hal yang membedakan adalah pemandangan dari atas gardu pohon Puncak Becici tidak terdapat pemandangan waduk atau danau seperti Kalibiru. Namun dari tempat ini dapat menikmati keindahan matahari terbenam dan jajaran gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Sumbing. Inilah kelebihan Puncak Becici yang tidak dimiliki oleh Wisata Alam Kalibiru.

Secara keseluruhan, keberadaan Wisata Puncak Becici Bantul menambah pilihan wisatawan untuk menikmati pesona matahari terbenam dari atas ketinggian di sekitar Yogyakarta. Selain itu pemandangan pagi di Puncak Becici juga tidak kalah bagusnya karena kabut tebal berada di bawah tempat ini dan seperti negeri diatas awan. Lokasinya yang masih alami dan jauh dari keramaian cocok bagi wisatawan yang jenuh dengan kebisingan dan mencari suasana tenang. Pengunjung diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari perbuatan yang merusak alam dimanapun berada.

Wisata Puncak Becici Bantul sendiri mempunyai arti yang sangat menarik, Pucak becici yang merupakan hutan pinus yang termasuk dalam RPH Mangunan. Awal nya Hutan Pinus ini di tujukan sebagai Hutan Lindung serta penghasil getah untuk pembuatan terpentin dan gondokurem. Terdapat sebuah Cerita yang di percaya merupakan asal usul dari penanaman becici . Becici sendiri berasal dari kata ” ambeg ” yang berarti diam dan dan kata suci. Konon, putra dari pendiri Desa Muntuk tengah melakukan persemedian di puncak bukit yang terletak di sebelah barat hutan pinus.

Ketika bertapa, putra pendiri Desa mendapatkan ketentraman jiwa dan Kedamaian . Sehingga Jika ia meninggal, Putra pendiri Desa ini ingin dikebumikan di wilayah tersebut .Cerita iini di percayai oleh masyarakat setempat secara turun temurun. Pada puncak bukit Becici memang di temukan sebuah Petilasan yang di perkirakan makam Putra dari pendiri Desa Muntuk. Fenomena yang luar biasa di Puncak Becici membuat banyak orang berbondong-bondong kareana penasaran akan pemandangan Yogyakarta dari ketinggian . Mulailah tempat ini dikembangkan sebagai tempat wisata , meskipun termasuk dalam pengelolaan RPH mangunan tempat wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Puncak Becici :

– Sunset Seeing

Bagi para pemburu senja , Menikmati Pergantian Hari di Puncak Becici adalah hal yang seharusnya di,asukam pada daftar kunjungan. Spot terbaik manikmati senja dari ketinggian gardu pandang. Dari bangungan tersebut anda bisa melihat dengan jelas ke bergbagai penjuru.

– Duduk di atas Gardu Pandang

Ciri Khas yang ada di puncak becici adalah gardu pandang yang di bangun oleh warga setempat. Kamu bisa naik ke atas untuk menikmati indahnya kota jogja. Tetapi kamu wajib berhati-hati karena tidak ada alat pengaman khusus seperti sit harnest dan tali kernmantle layaknya obyek wisata kalibiru , Kulon Progo.

– Hammocking dan Bermain Ayunan

Tiduran di atas Hammock sembari berselaras dengan alam bisa menjadi relaksasi dan terapi bagi kamu yang berkunjung kesini . Bawalah hammock dari rumah karena disini tidak menyadiaakan . Bagi yang tidak punya tidak usah khawatir karena kamu pengelola telah menyediakan Ayunan .

– Camping

Menikmati suasana malam hari di Wisata puncak Becici Yogyakarta memang menjadi pengalaman sangat seru, menikmati konser Derik serangga malam menjadi musik penghantar kita beristirahat . Untuk Camping di tempat ini kamu cukup membayar Rp 5.000

– Poto Hunting

Banyak yang memanfaatkan keindahan Wisata Puncak becici Yogyakrta untuk mengabadikan momen bersama , terlebih keliatan sunset Tiba. Dari tempat ini kamu bisa menangkap indahnya warna jingga dari pancaran matahari yang hendak tenggelam. Kamu juga bisa menciptakan foto landscape yang indah atau memotret siluet sahabat-sahabatmu. Selain asyik sebagai tempat selfie dan groufie, tempat ini juga salah satu alternatif untuk pemotretan model hingga pre wedding selain di Hutan Pinus Mangunan. Untuk melakukan pemotretan pre wedding disini kamu wajib membayar biaya sebesar Rp 30.000.

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, dan masih termasuk dalam kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan. Destinasi wisata ini mudah dicapai. Jika kamu dari arah Yogyakarta, kamu dapat menyusuri Jalan Imogiri Timur lurus hingga menemukan petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan, kemudian belok kiri ke arah hutan pinus. Setelah melalui hutan pinus ini, kamu akan menemukan pertigaan pertama kemudian ambilah jalan kekiri. Dari sini kamu akan mendapati papan penunjuk arah menuju Puncak Becici.

Sementara itu jika kamu lewat Jalan Jogja – Wonosari, maka rute yang harus kamu ambil adalah menyusuri rute Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan Patuk. Dari perempatan silahkan belok kanan ke arah Dlingo dan ikuti jalan utama hingga bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Setelah melewati hutan pinus kamu akan menemukan petunjuk arah menuju ke Puncak Becici.

Retribusi
Tiket masuk: 2.500,00
Parkir motor: Rp 3.000,00
Parkir mobil: Rp 10.000,00
Parkir bus: Rp 20.000,00
Camping: Rp 5.000,00/orang
Gardu pandang: Rp 2.000,00/orang

Back To Top
Search